logo-navbar

Pentingnya Training Ekspor Impor

10 DEC 2021

Dalam praktik perdagangan Internasional banyak sekali pihak - pihak yang terlibat,  sehingga terkadang ada beberapa SDM yang kesulitan dalam memahaminya. Sehingga diperlukan adanya training ekspor impor yang dilakukan secara berkala agar pengetahuan SDM yang bekerja di sana selalu terupdate.

Dewasa ini banyak pengusaha yang terlibat dalam kegiatan perdagangan Internasional, salah satunya adalah kegiatan impor dan ekspor dalam kegiatan produksinya. Baik ekspor maupun impor dapat membantu dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan devisa negara. 

Namun demikian, kegiatan ekspor dan impor bukanlah kegiatan yang mudah karena menyangkut penjualan atau impor barang yang melewati daerah pabean atau seluruh wilayah Indonesia termasuk darat, laut atau air dan udara. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan mendalam tentang operasi impor dan ekspor serta aturan yang harus diketahui sebelum melakukannya.

Semakin dalam memahami proses manajemen impor dan ekspor, semakin dapat mengantisipasi biaya tak terduga dan mengurangi biaya abnormal dalam transaksi impor dan ekspor. Tentu saja, kompleksitas ekspor dan impor dapat diatasi dengan tidak ada biaya-biaya yang tidak seharusnya dibayarkan.

 

BACA JUGA : Mengenal Jenis-Jenis Layanan Ekspor Impor

 

Tujuan Training Ekspor Impor

 

Pelatihan atau training akan memberikan keterampilan dan pemahaman yang mendalam tentang ekspor impor, kepabeanan maupun pelabuhan. Pemanfaatan fasilitas dan kemudahan yang disediakan oleh Pemerintah yang terkait dengan alur kerja transaksi impor dan ekspor, bea cukai dan pelabuhan berkaitan erat dengan besaran pajak dan bea masuk untuk meminimalkan biaya yang tinggi, risiko, dan biaya tak terduga dalam semua transaksi dan ekspor dari dokumen impor.


 

Manfaat Training Ekspor Impor

Setelah mengikuti kursus pelatihan ekspor-impor, diharapkan dapat memahami faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam kegiatan ekspor-impor suatu barang agar dapat meminimalisir kendala-kendala yang sering muncul dalam kegiatan ini.


 

Materi Training Ekspor Impor

 

Berikut ini adalah beberapa program pelatihan terkait kegiatan ekspor impor yang dilihat dari berbagai aspek. Yang terdiri dari tata laksana, perpajakan, pembiayaan, sampai dengan pelabuhan.

 

  1. Perdagangan Internasional

  2. Gambaran umum kepabeanan

  3. Kepabeanan dibidang ekspor

  4. Kepabeanan dibidang impor

  5. Syarat kegiatan ekspor impor

  6. Prosedur ekspor impor

  7. Dokumen ekspor impor

  8. Pembayaran dalam ekspor impor

 

Ada banyak aturan dan regulasi dalam proses ekspor dan impor. Sumber daya manusia yang bertanggung jawab untuk itu harus selalu mengikuti semua peraturan ini. Pelatihan atau training impor ekspor yang kami selenggarakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait tata kelola perdagangan Internasional.

Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan impor dan ekspor antara lain penjual, pembeli, Pemerintah negara asal, pemerintah negara tujuan, dari organisasi global seperti International Chamber of Commerce (ICC). Pihak-pihak tersebut harus memiliki regulasi terkait dalam pengelolaan proses impor dan ekspor.



 

Kesimpulan

Dengan adanya training ekspor impor ini, diharapkan para pengusaha impor dan ekspor akan dibekali keterampilan dalam memahami tata cara impor dan ekspor secara umum, kepabeanan, perbankan dan sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang dalam bisnis ekspor yang masih bingung tentang sistem. 

Melalui program pendidikan serta pelatihan yang diberikan, Anda akan dapat mengembangkan bisnis ekspor Anda di masa depan dengan pengetahuan dan keterampilan yang  Anda peroleh dalam proses pelatihan impor dan ekspor.

PT. Surya Inti Primakarya menawarkan layanan konsultasi dan pelatihan impor dan ekspor  yang ditingkatkan secara dinamis untuk secara konsisten memenuhi peraturan Pemerintah dan persyaratan layanan pelanggan, serta terus meningkatkan kinerja sistem manajemen mutu.


Your Message Has Been Sent..